Saturday, June 2, 2012

PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS


Osteoporosis, paling tidak sebelum usia 70 tahun, kebanyakan dapat dicegah jika anda mau bekerja sama. Cara pencegahan yang paling efektif adalah meminum estrogen dan progesteron selama 5 sampai 10 tahun pertama setelah menopause. Wanita kehilangan tulang dalam tahun-tahun pertama sebelum menopause dengan tingkat yang berbeda-beda. Sekarang sudah mungkin untuk mengukur kepadatan tulang wanita, paling sedikit tulang belakang dan tulang paha atau lengan, menggunakan mesin khusus. Jika kepadatan tulang seorang wanita pada saat menopausenya normal, dia tidak menghadapi risiko besar mengembangkan osteoporosis. Tetapi , belum tentu jelas apakah dia akan kehilangan tulang dengan kadar yang rendah atau tinggi setelah menopause, sehingga langkah pengukuran kepadatan tulang lebih lanjut mungkin diperlukan setiap 2 atau 3 tahun. Metode alternatif baru adalah mengukur kandungan zat kimia di dalam urine. Pengujian menunjukan, seberapa banyak tulang yang hilang  jika diulangi setelah 4 sampai 12 tahun. Jika kepadatan tulang diukur pada saat menopause rendah, maka dia segera membutuhkan perawatan.
Sampai para ilmuwan mencapai kesepakatan tentang ‘ screening’ kepadatan tulang, lebih efektif bagi semua wanita menopause untuk memikirkan pemakaian estrogen dan progesteron jika dia mempunyai rahim selama 10 tahun setelah berhenti haid. Selain minum hormon, langkah berikut akan membantu mengurangi kehilangan tulang :
1.      Meningkatkan pemasukan kalsium di dalammakanan atau tablet kalsium yang diminum setiap sore, untuk menghasilkan pemasukan total sekitar 1,5 gram kalsium setiap hari
2.      Berhenti merokok tembakau
3.      Latihan olahraga teratur, memilih bentuk olahraga yang disukai. Jalan cepat selama 1 jam 3 kali seminggu sama efektif dengan program olahraga yang lebih kompleks.

No comments:

Post a Comment